Khoirul Roziqin

strengthen memory with notes

Sreenshot Instalasi Slackware 14.1

leave a comment »


Bermula dari Porteus OS (OS Pertable sebelumnya saya tulis) yang basisnya adalah Slackware, saya jadi ingin mencoba base dari OS tersebut yaitu Slackware. Instalasi Slackware sebenarnya bisa di ikuti langkah-langkahnya di link berikut, tapi tak ada salahnya saya ingin berbagi screenshot dari proses instalasi yang saya lakukan. Saya rasa instalasinya cukup mudah karena setiap langkah ditampilkan keterangan apa yang perlu dilakukan untuk instalasinya. Berikut sreenshoot instalasi Slackware dengan Virtualbox 4.3.12.

Disini saya tidak menggunakan swap karena saya telah membuat partisi swap di hard disk fisik. Saya menggunakan fasilitas virtualbox yang dapat mengakses hard sidk secara fisik. Di kesempatan lain saya akan menuliskan tentang caranya. Lanjut screenshot berikutnya 🙂 .

proses ini cukup lama, jadi bisa ditinggal aktivitas lain 🙂 .

Pada screenshot terakhir ini pilih Desktop Environment (DE) sesuka hati, KDE memang bagus tampilannya tapi cukup berat jadi saya memilih xfce.

Proses instalasi selesai sampai muncul perintah untuk restart komputer. Namun proses ini masih berlanjut dua atau tiga tahap mudah untuk bisa menggunakan Slackware. Selanjutnya membuat user pengguna kemudian memilih default tampilan. Setelah masuk DE edit file inittab yang berada di direktori /etc, ubah kode berikut

# Default runlevel. (Do not set to 0 or 6)
id:3:initdefault:

menjadi

# Default runlevel. (Do not set to 0 or 6)
id:4:initdefault:

Pada reboot berikutnya akan otomatis masuk dengan DE.

Written by Khoirul Roziqin

11/11/2015 at 07:04

Leave a comment